Pembuatan Sofa BedSofa bed adalah terobosan terbaru yang mulai disukai oleh masyarakat karena dinilai lebih praktis dan ekonomis saat digunakan. Sofa bed ini bisa digunakan sebagai tempat duduk biasa maupun dilebarkan menjadi bed atau ranjang yang bisa digunakan untuk rebahan.

Pembuatan Sofa Bed

Secara umum model dari sofa bed ini ada dua macam yaitu model sofa lipat dan sofa berkolong. Sofa lipat ini biasanya berbentuk lebih kecil jika sedang dalam keadaan terlipat dan bisa digunakan untuk duduk. Namun jika sudah dilebarkan barulah bisa digunakan untuk tidur. Modelnya cocok untuk pecinta penataan ruang yang lebih praktis.

Sementara untuk model kedua adalah sofa berkolong dimana sofa ini memiliki kolong yang berisikan kasur dan bisa digunakan untuk tidur maupun rebahan saja. Bentukannya lebih besar dibandingkan dengan sofa lipat sehingga cocok untuk ruangan yang memiliki kelebaran cukup dan tidak minimalis.

Tips Cara Memilih Pembuatan Sofa Bed

Ukuran yang Harus Sesuai

Tips pertama yang bisa digunakan untuk memilih pembuatan sofa bed terbaik adalah mengetahui kebutuhan terhadap ukuran yang diinginkan. Biasanya dalam hal ini didasarkan pada berapa banyak jumlah anggota keluarga yang ada di dalam rumahnya. Sehingga bisa pas duduk semua pada sofanya tidak ada yang sampai harus berdiri.

Semakin banyak orang yang berada di dalam rumah maka semakin banyak pula ukuran sofa yang dibutuhkan. Begitu pun sebaliknya jika memang hanya keluarga dengan anggota yang sedikit lebih baik membeli yang kecil saja ukurannya. Di samping sesuai dengan kebutuhan juga bisa menghemat biaya pengeluarannya.

Sesuaikan dengan ruangannya

Sofa yang bagus dan mewah bukan berarti pasti cocok dipasang atau ditempatkan di tempat mana pun. Yang terpenting adalah kesesuaian ukuran sofa yang dibeli dengan besarnya ruangan yang ada di rumah. Belilah ukuran yang pas tidak terlalu kecil maupun malah terlalu besar.

Sesuaikan bahan pelapisnya

Sofa bed terkenal dengan adanya banyak bahan pelapis yang digunakan. Bahan pelapis ini memiliki kenyamanan tersendiri dari masing-masing bahannya yang juga mempengaruhi harga beli. Sesuaikan saja dengan kebutuhan sofa bed nantinya dan juga kondisi ruangan Anda.

Dikarenakan sofa ini juga banyak digunakan untuk tidur maka lebih baik pilihlah bahan yang halus, tidak panas seperti polister. Bahan ini banyak diminta karena selain nyaman harga belinya juga cukup terjangkau. Anda juga bisa memilih bahan lapisan dari kulit ketika memiliki budget yang lumayan banyak.

Jika tetap menginginkan kulit namun tidak memiliki budget yang banyak Anda bisa menggunakan alternatif lain seperti menggunakan kulit sintetik atau imitasi. Lapisan ini sudah banyak tersedia pada jasa pembuatan sofa bed. Kulit imitasi juga tidak kalah nyamannya untuk digunakan. Kulit imitasi ini direkomendasikan untuk digunakan pada ruangan yang full AC.

Bahan lain yang juga sering digunakan sebagai pelapis adalah sebagai berikut:

  • Katun

Bahan ini sangat adem dan bisa menyerap keringat cukup baik. Selain itu pembersihannya juga cukup mudah hanya dengan menggunakan air.

  • Sutra

Bahan ini cukup premium dan memberikan tampilan yang lebih mahal dan elega dalam sebuah sofa. Nyaman sekali untuk digunakan meskipun lebih direkomendasikan untuk sofa duduk saja karena untuk bed kurang cocok.

Struktur pembuatnya

Struktur ini nantinya akan mempengaruhi kuat tidaknya sofa untuk digunakan. Struktur ini haruslah dipilih sesuai dengan kondisi orang yang menggunakan dan juga tingkat sering tidaknya penggunaannya. Anda bisa memilih besi untuk tubuh yang lumayan berat dengan penggunaan yang hampir setiap hari.

Anda juga bisa memilih alternatif lain yang lebih murah seperti kayu jika memiliki bobot tubuh yang tidak terlalu berat dan juga penggunaan saat-saat darurat saja.

Mekanismenya

Sofa bed terkenal dengan pembuka penutup atau penggeseran. Dimana yang awalnya bentuknya sofa bisa diubah menjadi bed yang nyaman untuk tempat tidur. Namun Anda harus memperkirakan segi keawetannya dan juga seberapa sering penggunaan dari sofa bed ini.

Jika lebih sering digunakan hanya untuk sofa saja lebih baik dilipat terus dan tidak dibuka tutup dengan sering. Begitu pula jika sering digunakan untuk bed saja maka lebih baik dilebarkan saja tanpa harus melipatnya kembali. Hal ini berkaitan dengan keawetan dari pembuka dan penutupnya yang cenderung cepat mengalami kerusakan.

Pemilihan Busa

Busa memiliki banyak sekali pilihan yang bisa dicustom oleh Anda ketika membeli sofanya. Pilihlah busa yang nyaman dan tidak terlalu padat agar tetap empuk untuk digunakan. Busa ini sangat mempengaruhi enak tidaknya sofa bed ketika digunakan nantinya.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membuat sofa menjadi tetap awet dan bisa digunakan untuk jangka panjang. Hal ini tentu saja berkaitan dengan biaya pembuatan sofa bed. Sehingga perawatan yang baik akan membuat sofa bednya menjadi awet juga.

Mengenal Tips Merawat Sofa

  • Ketika sofa bed yang digunakan menggunakan bahan pelapis berupa kulit maka usahakan menaruhnya pada tempat yang tidak terkena intensitas cahaya secara langsung. Hal ini disebabkan karena cahaya langsung dari sinar matahari mampu merusak kulit tersebut.

Selain itu hindari penempatan sofa kulit dengan benda yang berpotensi sebagai radiator karena akan membuat kulitnya menjadi kering dan pecah. Sehingga harus memerlukan pengantian yang menghabiskan biaya cukup banyak.

  • Jangan menduduki satu sofa secara sering namun gunakan secara bergantian sofa lainnya untuk memberikannya waktu mengembang seperti sedia kala. Sofa yang terlalu sering diduduki akan kempes dan tidak mampu kembali ke bentuk asalnya.

Selain itu jangan lupa juga untuk mengganti posisi dari bantal-bantal yang ada. Bantal-bantal ini berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap sofanya akibat suhu secara langsung terutama pada bagian yang lebih sering digunakan untuk duduk.

  • Perhatikan selalu kotoran yang menempel pada kulit sofa maupun kainnya. Noda seperti makanan, keringat garam maupun lemak yang menempel pada sofanya menyebabkan noda membandel yang susah untuk hilang. Noda ini juga akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

Segera bersihkan menggunakan kain basah dan menggosok-gosokkannya pada bagian yang terkena noda sampai benar-benar bersih tanpa ada sisa di dalamnya. Kemudian jangan lupa mengeringkannya menggunakan cara yang alami dengan membuka jendela. Lalu biarkan udara dan cahaya masuk untuk mengeringkannya.

  • Gunakan pelindung atau kain penutup untuk menutupi sofa Anda agar tidak terkena langsung terhadap debu maupun suhu yang meninggi. Penutup ini juga akan membantu Anda untuk tidak selalu membersihkan secara sering.
  • Hindari penggunaan bahan kimia untuk membersihkan sofa.

Itulah beberapa hal terkait pembuatan sofa bed yang perlu diperhatikan. Jika Anda ingin membuat sofa sesuai dengan desain sendiri, maka Anda dapat memesan di layanan jasa jahit sofa Raja Gorden. Kami menjamin kualitas yang terbaik dari jahitan, warna, ukuran, hingga materialnya. Jika tertarik atau butuh konsultasi desain sofa custom, maka bisa hubungi kami di 0813-1555-5923 dan email ke hello@rajagorden.com.

5 / 5. 1

Give a Comment

× WhatsApp