Ganti Sofa Kulit Asli – Untuk memilih kulit sofa jangan lupa mengetahui tipe-tipe kulit yang bisa digunakan. Masing-masing nama kulit ini memiliki ciri dan strukturnya masing-masing. Dalam penggunaannya juga memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menggunakannya untuk bahan pertimbangan.

Ganti Sofa Kulit Asli

Pilihan Bahan Terbaik Untuk Ganti Sofa Kulit Asli

  • Chenile

Bahan pertama yang bisa digunakan untuk kulit sofa adalah chenile. Bahan yang satu ini memiliki tekstur yang halus dan banyak digunakan untuk tipe klasik. Bahannya juga sangat nyaman digunakan baik untuk sofa bed maupun sofa biasa untuk ruang tamu. Hanya saja yang menjadi kekurangannya adalah mengenai ketahanannya.

Sofa tipe ini cenderung sulit dibersihkan ketika terkena noda membandel pada kainnya. Noda akan tetap menempel pada kain padahal sudah dibersihkan. Jadi Anda harus hati-hati ketika menggunakan kain ini ketika menggunakannya.

  • Nilon

Bahan kedua dalam ganti sofa kulit asli terbaik yang banyak digunakan adalah Nilon. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang membutuhkan sofa yang tahan air. Nilon mampu menahan noda air yang berada di permukaannya. Bahkan bahan ini juga cenderung kuat dan tidak mudah robek.

Meskipun sedikit panas saat digunakan namun termasuk bahan yang awet jika dirawat dengan baik. Jangan lupa untuk memilih tipe sikat yang sesuai pada bahan nilon ini. Sikat yang banyak dipakai adalah dari bahan plastik agar sofa bisa tetap bersih dan tahan lama saat digunakan.

  • Linen

Bahan ketiga yang banyak dipakai untuk kulit sofa adalah linen. Bahan ini memiliki tipe kekuatan tiga kali lebih besar dari pada jenis katun. Linen terbuat dari serat alami yang aman digunakan tanpa meninggalkan iritasi pada kulit. Hanya saja proses pembersihannya harus dihindarkan dari penggunaan bahan kimiawi.

Anda bisa menggunakan air dengan kain kering untuk mengangkat noda yang menempel pada kulit sofanya. Kemudian biarkan bekas bilasan air mengering secara alami. Hindari menggunakan pengering rambut atau pengering listrik karena bisa merusak permukaan kulit sofa tersebut.

  • Katun

Bahan keempat yang juga bagus untuk bahan pembuatan sofa adalah polyster. Bahan katun memiliki tingkat kerapatan yang lebih baik sehingga mampu menyerap keringat dengan baik. Termasuk bahan yang adem dan nyaman saat digunakan pada lokasi yang panas.

Anda bisa memilih kualitas dari katun yang lebih baik dengan memperhatikan tingkat kerapatannya. Semakin rapat maka semakin awet untuk digunakan sebagai kulit sofa. Namun kekurangannya adalah tingkat penyerapan pada air yang baik. Sehingga ketika ketumpahan kotoran bentuk cairan bisa langsung masuk ke dalam sofanya.

  • Polyster

Bahan kelima dalam ganti sofa kulit asli terbaru adalah polyster. Bahan ini memiliki ciri tidak mudah meresap air ketika digunakan. Polyster juga termasuk bahan yang awet untuk digunakan. Banyak digunakan bersama dengan katun untuk menghadirkan sofa yang nyaman dan awet saat digunakan.

Untuk bahan tunggal jarang ditemukan karena bahan ini termasuk sedikit panas untuk digunakan dalam jangka waktu lama. Sehingga digabungkan dengan jenis bahan lainnya agar lebih nyaman saat digunakan.

  • Kulit

Termasuk tipe bahan yang premium dengan harga yang memang mahal untuk dibeli. Namun bahan yang satu ini mampu memberikan lapisan yang cukup elegan pada kulit. Teksturnya memang keras namun memberikan khas yang mewah saat digunakan. Kulit yang dipakai biasanya dari sapi maupun hewan lain yang bagus.

Harganya juga bervariasi tergantung tipe jenis kulit yang digunakan tersebut. Namun bahan kulit yang satu ini memang harus dihindarkan dari cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari mampu membuatnya lebih mudah kasar, kering dan warnanya juga cenderung memudar.

Hal Terlarang Dilakukan Pada Sofa Kulit Agar Awet

Setelah mengenal beberapa jenis kulit yang banyak dipakai untuk sofa, Anda bisa lanjut untuk mengetahui perawatan sofa. Ada banyak hal yang ternyata harus dihindari untuk membuat sofa tetap awet saat digunakan. Adapun hal-hal yang harus dihindari dalam merawat sofa adalah sebagai berikut:

  • Membersihkan noda menggunakan air

Hal pertama yang banyak dilakukan adalah membersihkan noda sofa dengan air. Cara ini memang mampu meluruhkan noda dengan cepat namun memberikan dampak tidak baik pada kulit sofa. Kulit menjadi lebih keras dan cenderung rusak karena teksturnya sudah berubah.

Untuk menggantikan penggunaan air ini bisa dengan kain atau handuk yang memiliki daya serap yang tinggi. Lakukan dengan cepat pada saat noda baru saja mengenai sofa agar tidak cepat kering. Kemudian ketika semuanya sudah terserap dengan sempurna barulah gunakan tissu.

Tissu mampu menyerap bagian yang kurang terserap dengan maksimal. Untuk lebih bagusnya bisa menggunakan vacuum cleaner agar pembersihannya menjadi lebih mendalam. Pembersihan rutin juga lebih baik menggunakan lap kering atau vacum saja agar permukaan kainnya tidak cepat rusak.

  • Benda tajam pada sofa

Hal teledor lain yang banyak dipakai adalah meletakkan bahan tajam di sekitar sofa. Padahal peletakan sofa harus diperhatikan dari ancaman benda yang tajam karena bisa merusak permukaan kulitnya. Kalau sudah rusak Anda harus menuju ganti sofa kulit asli termurah untuk pergantian kulti sofa.

Fatalnya goresan yang terjadi pada kulit sofa ini akan tetap menyisakan bekas dan tidak bisa dihilangkan. Tentu saja hal ini akan mengurangi nilai estetika dari sofa ketika dipasang dalam ruangan. Benda tajam juga berpotensi membahayakan untuk orang-orang sekitar sehingga penyimpanannya harus diperhatikan.

Biasanya hal ini sering terjadi karena meletakkan sofa pada bagian ruang makan atau dapur. Ruangan ini banyak berpotensi menyimpan benda tajam. Untuk sofa dengan kulit yang sensitif lebih baik meletakkannya pada kamar atau ruang tamu.

  • Mewarnai sofa dengan cat

Hal fatal ketiga yang tidak boleh digunakan adalah mewarnai sofa menggunakan cat atau tinta. Banyak yang salah paham untuk menutupi kerusakan pada kulit sofa yakni dengan mewarnainya. Padahal satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk mengembalikan keindahan sofa adalah hanya dengan mengganti kulitnya saja.

Mewarnai kulit sofa dengan cat akan membuat permukaan kulitnya menjadi kaku dan mudah robek. Bahkan hasilnya ketika sudah kering juga tidak akan cantik, justru akan merusak keindahan dari sofa ini.

  • Mengelap noda

Cara yang tepat untuk menghilangkan noda pada sofa bukanlah mengelap namun menepuk-nepuknya. Mengelap justru membuat noda semakin lebar apalagi jika bentuknya adalah cairan. Dengan menepuk-nepuk maka cairan bisa lebih maksimal untuk meresap pada kain tersebut.

Kemudian lakukan pengeringan secara alami tanpa menggunakan bantuan alat listrik. Hal ini akan membuat tekstur dari kulit sofanya tidak akan berubah dan tetap halus. Lakukan pembersihan dengan sigap agar noda tidak mengering.

Perhatikan juga cara merawat dan hal-hal yang tidak boleh dilakukan tersebut setelah mengganti kulit sofa. Semua ini akan mendukung penggunaan sofa lebih awet dari sebelumnya. Jangan lupa saat ganti sofa kulit asli Anda harus memperhatikan pemilihan bahan yang tepat. Untuk yang terbaik gunakan jasa Premium Sofa dengan menghubungi 0813-1555-5923 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Give a Comment