Ganti Kulit Sofa Cibubur – Penggantian sofa harus dilakukan ketika tekstur kulitnya sudah mengalami banyak perubahan. Bukan hanya pada bagian kulit sofanya saja namun juga pada bagian sofa yang lainnya. Jika memerlukan penggantian dan pembaharuan juga harus dilakukan agar hasilnya lebih maksimal.

Ganti Kulit Sofa Cibubur

Hal Yang Diperhatikan Saat Ganti Kulit Sofa Cibubur

  • Lapisan cat

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dari lapisan cat dari seluruh bagian sofanya. Biasanya lapisan ini terdapat pada kerangka sofa. Jika sudah terlalu lama digunakan selain mengelupas warnanya juga memudar. Apalagi jika terbuat dari kayu biasanya juga memerlukan proses pelitur ulang.

Sebelum melakukan penggantian kain pada sofa pastikan seluruh bagian sofanya dalam kondisi yang baik. Jika belum baik bisa diganti terlebih dahulu atau diperbaiki sekaligus dengan penggantian kulit sofanya. Lapisan cat yang hilang ini juga membuat nilai estetika dari sofa menurun.

  • Lapisan busa

Hal kedua dalam ganti kulit sofa cibubur terbaik harus memperhatikan lapisan busa pada sofanya. Selain mengganti kulit sofa, ketika sudah digunakan sangat lama bagian lapisan busanya juga menipis. Lakukan penambahan busa atau penggantian dengan yang baru agar hasilnya lebih nyaman.

Bukan hanya tidak nyaman saat digunakan namun sofa dengan lapisan busa yang tipis membuat tampilannya tidak menarik. Pada lokasi penggantian kulit sofa bisanya mereka juga menerima proses penggantian lapisan busa. Anda bisa memilih busa dengan kualitas yang baik sesuai harganya.

  • Jahitan dari kain pelapis

Sebelum melakukan penggantian kain pelapis sofa Anda harus memperhatikan tipe jahitan yang digunakan. Hal ini akan menentukan cara atau proses penggantian kain lapisan nantinya. Yang pertama adalah tipe jahitan mati yang tidak bisa dilepas sehingga langsung ditimpa dengan kain baru.

Yang kedua adalah tipe jahitan biasa yang bisa dilepas terlebih dahulu sebelum diganti dengan kulit yang baru. Setelah menemukan tipe jahitan kulit pada sofa Anda maka lakukan penggantian sesuai tipe jahitannya. Keuntungan jahitan biasa adalah nilai kenyamanannya lebih terasa.

Sementara untuk tipe jahitan yang mati terkadang membuatnya menjadi tidak nyaman. Hal ini dikarenakan terlalu banyak kain yang menutupi sofa. Jadi pintarlah dalam memilih pembungkus untuk tipe jahitan yang paten ini.

  • Furnitur

Hal keempat yang penting dalam ganti kulit sofa cibubur terbaru adalah rangka furniturnya. Rangka adalah bagian penting dalam sofa karena fungsinya yang menopang sofa secara keseluruhan. Terutama pada bagian kaki dan penyangga badan saat duduk.

Jika kondisinya masih dalam keadaan yang baik maka proses penggantian bisa dilanjutnya. Namun jika ternyata sudah lapuk atau tidak layak digunakan maka lebih baik diganti dengan sofa yang baru. Hal ini akan membahayakan orang yang duduk pada sofa tersebut.

Bagian ini adalah bagian paling krusial sebelum melakukan penggantian kulit sofa. Jadi perhatikan terlebih dahulu mengenai kondisinya. Jangan memaksakan jika memang sudah lapuk. Kerangka yang sudah usang harus diganti seluruhnya dengan yang baru.

Cara Mengganti Lapisan Sofa Dengan Langkah Yang Benar

Untuk Anda yang belum tahu proses penggantian kulit sofa jangan khawatir. Prosesnya memang panjang namun membutuhkan langkah yang lebih terstruktur. Adapun langkah yang harus dilakukan untuk mengganti kulit sofa bisa dilihat di bawah ini:

  • Buka lapisan sofa

Langkah pertama dalam melakukan penggantian kulit sofa adalah membuka bagian lapisan sofa terlebih dahulu. Lakukan pembongkaran sekaligus pengecekan secara mendalam dari seluruh bagian sofa. Lepaskan kulit sofa satu persatu dari bagian yang kecil menuju bagian yang besar.

Cek bagian lapisan busa dan juga kerangkanya terlebih dahulu. Barulah jika semua kondisinya aman barulah bisa diganti kulitnya. Lakukan semua prosesnya sampai selesai dan hati-hati. Hal ini akan memudahkan Anda untuk bisa lanjut pada tahapan berikutnya.

  • Lakukan cek secara mendalam

Langkah kedua dalam penggantian kulit sofa adalah pengecekan secara mendalam mengenai seluruh bagian sofa. Bukan hanya pada bagian kerangka namun juga pada bagian kaki dan tumpuannya. Pastikan semuanya dalam kondisi yang baik baru bisa lanjut untuk proses berikutnya.

  • Pengecekan pada karet

Langkah ketiga dalam penggantian kulit adalah mengecek kelenturan dari karet sofa sebelum diganti. Jika masih bisa digunakan jangan buru-buru untuk diganti namun jia sudah terlalu kendor silahkan diganti. Anda sendiri yang bisa menentukan titik kenyamanan dari karet ini saat digunakan.

  • Lapisan busa

Hal berikutnya adalah pada lapisan busa karena ini menyangkut kenyamanan saat diduduki. Lakukan pengecekan secara mendalam ketika dibutuhkan barulah berikan tambahan lapisan busa. Atau jika memang terasa sudah tidak enak bisa langsung diganti dengan lapisan busa yang baru.

  • Penambahan dakron

Hal kelima dalam ganti kulit sofa cibubur terlengkap adalah mengecek bagian bantal sofa. Saat ini sebagian besar sofa memiliki bantal untuk membuat orang yang duduk semakin lebih nyaman. Namun perlu diperhatikan bahwa semakin lama digunakan jelas dakron dalam bantal akan berkurang.

Cek semua bantal yang ada pada sofa jika memang sudah kempes belikan dakron untuk ditambah. Dakron yang semakin banyak akan membuat bantal menjadi lebih empuk dan nyaman saat digunakan.

  • Lakukan pola jahitan yang bagus

Pola jahitan yang bagus akan membuat penampilan dari sofa menjadi lebih estetik saat digunakan. Anda tidak harus mengikuti bagian pola jahitan dari kain yang lama. Namun bisa dikreasikan dengan pola yang lebih menarik. Meskipun terlihat kecil namun akan mengganggu pandangan jika tidak menarik.

Namun ada juga yang menggunakan pola dari jahitan kain yang lama. Biasanya hal ini digunakan untuk tipe jahitan yang paten. Sehingga ketika digunakan pola jahitan yang berbeda maka akan terlalu terlihat. Itulah alasannya untuk memakai jahitan yang sama pada saat penggantian kain.

  • Jahitan pada lapisan

Selain kain jangan lupa perhatikan juga untuk jahitan pada bagian lapisannya. Semuanya harus dalam kondisi yang bagus dan rapi. Jangan sampai ada yang masih keluar dan tidak terpotong dengan baik. Lakukan finishing untuk membuat setiap sisinya terlihat lebih rapi.

  • Lapisan pada busa

Hal berikutnya adalah proses pemasangan busa dan juga dakron pada bantal. Pemasangan busa ini juga harus pas agar ketika diduduki tubuh bisa langsung pas pada sofanya. Jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah semuanya harus sesuai dengan kebutuhan.

  • Finishing

Langkah terakhir dalam pemasangan kulit sofa adalah finishing. Dalam proses ini yang bisa dilakukan adalah mengecek semua bagian yang ada pada sofa. Pastikan semuanya terpasang dengan baik dan tidak ada yang kurang. Terlebih pada pemasangan kainnya jangan sampai ada yang belum tertutupi.

Dalam menggunakan jasa ganti kulit sofa Cibubur memang harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan memaksakan untuk memilih tipe pelapis yang mahal namun budget dan biaya perawatan tidak bisa mencukupi.

Pilihlah pelapis sofa yang nyaman namun tidak kalah estetik untuk digunakan. Untuk yang terbaik gunakan jasa Premium Sofa dengan menghubungi 0813-1555-5923 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Give a Comment