Jasa Jahit Kulit Sofa – Sofa dengan kain penutup berbahan kulit sangat banyak digunakan. Kesan  mewah dan elegan menjadi daya tarik sendiri. Meskipun begitu, jika segi kualitas dan cara merawat sofa kulit berpengaruh pada tahan atau tidaknya kesan yang diberikan.

Jasa Jahit Kulit Sofa

Sofa baik itu berbahan kulit ataupun bahan yang lainnya, semuanya perlu dirawat dengan cara yang benar dan tepat. Karena  meskipun sofa digunakan kualitas terbaik, jika salah cara merawat ataupun memang malas merawat, tetap saja cepat rusak. Berikut tips yang bisa diikuti untuk perawatan sofa kulit.

Trik Merawat Sofa Kulit Agar Awet dan Selalu Tampak Baru

  1. Sofa bahan kulit terlindungi

Jika ingin merawat dengan cara yang tepat, perlu tahu dulu sofa yang digunakan terbuat dari bahan yang mana. Apakah dari bahan yang terlindungi atau tidak terlindungi. Bahan terlindungi atau finished leather tidak memiliki pori sehingga lebih awet. Permukaan bahan ini memang sudah terdapat pelindungnya yaitu dari lapisan polimer dan pigmen yang cukup tebal.

Banyak warna pilihan untuk bahan yang juga terkenal dengan nama aniline plus pigment ini. Jadi, bebas memilih warna untuk menyesuaikan dengan warna ruangan. Proses padu padan pun menjadi lebih mudah dengan bahan yang memiliki nama lain pigment leather.

  1. Bahan kulit tak terlindungi

Setelah membahas bahan terlindungi, kini masuk ke pembahasan bahan tak terlindungi atau dikenal juga dengan sebutan unfinished leather. Ini adalah bahan kulit murni jasa jahit kulit sofa terbaik yang tidak melalui proses finishing.

Mengenai harga jangan tanya, sebab sudah jelas lebih tinggi harganya daripada bahan yang sudah melalui proses finishing. Tetap memberikan kesan mewah dan permukaan yang lembut ketika bersentuhan dengan kulit. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa bahan ini lebih sensitif karena tidak memiliki pelindung pada permukaannya.

  1. Bahan kulit imitasi

Sesuai dengan namanya, bahan kulit imitasi memiliki kualitas yang sedikit lebih rendah daripada bahan kulit asli. Biasanya lebih kaku dan tebal dibandingkan bahan yang lain. Bahan kulit imitasi yang cukup populer dikenal dengan nama bahan Oscar. Memiliki kelebihan awet dan kuat sehingga banyak digunakan sebagai bahan pelapis sofa.

6 Cara Merawat Sofa Bahan Kulit

Setelah mengetahui bahan sofa kulit, berikut 6 langkah yang bisa dipraktikkan jika ingin menjaga keawetan sofa kulit:

  • Bersihkan noda segera

Ketika secara tak sengaja jatuh noda baik itu berupa cairan seperti minuman, saus, ataupun makanan lain jatuh ke sofa. Segera ambil kain lap yang sudah sedikit dibasahi dan mengelap permukaan sofa yang terkena noda tersebut.

Jangan biarkan kotoran tersebut berlama-lama bahkan sampai mengering di permukaan sofa karena akan sangat sulit membersihkan nantinya. Boleh membersihkan dengan cara menggosok pelan ataupun tempelkan kain lap dengan tap-tap di area yang terkena noda.

  • Gunakan kain yang menyerap

Tidak semua jenis kain menyerap air dan kotoran, sehingga saat diaplikasikan ke area yang terkena noda  akan menyebar kotorannya. Jadi, bukan menjadi bersih malahan menambah luas area yang kotor.

Oleh karena itu, pilihlah kain yang mudah menyerap keringat atau boleh menggunakan sejenis kertas pengisap. Sehingga kotoran ataupun noda akan langsung terserap dan tidak mengotori area yang lain. Lebih cepat bersihnya dan tidak perlu membuang banyak energi ataupun boleh menggunakan layanan jasa jahit kulit sofa murah.

  • Jangan gunakan detergen

Hal yang sangat penting diperhatikan yaitu hindari menggunakan detergen untuk membersihkan noda di sofa bahan kulit. Sebab dalam detergen terdapat zat kimia sebagai bahan aktif. Nah, bahan inilah yang berdampak merusak permukaan kulit sofa bahkan meninggalkan titik gelap di permukaan ataupun area yang terkena noda tersebut.

Solusinya, boleh menggunakan vacuum cleaner secara rutin membersihkan semua bagian sofa berbahan kulit. Cara ini mampu menjaga sofa agar selalu awet dan tidak merusak warna permukaan sofa. Tentu tidak ingin pemilik sofa merusak sofa dengan tangannya sendiri akibat salah cara membersihkan noda ataupun salah cara merawat.

  • Hindari paparan sinar matahari langsung

Cara merawat selanjutnya dengan tidak meletakkan sofa di area yang langsung terkena sinar matahari. Jadi, sebaiknya hindari meletakkan langsung di dekat jendela ataupun di teras karena akan mengubah warna sofa nantinya.

Selain itu, permukaan sofa yang tadinya lebih lembut dan mulus, berubah menjadi kering dan mengerut. Saat diduduki menjadi tidak senyaman ketika baru dibeli. Sama halnya dengan pakaian, jika selalu terkena paparan sinar matahari pasti juga berubah warna.

Nah, coba bayangkan jika sofa tersebut diletakkan di teras pasti lebih cepat rusak akibat perubahan cuaca. Jika sudah rusak, tinggal panggil jasa sofa dan bisa langsung dibicarakan tentang biaya jasa jahit kulit sofa tersebut.

  • Jauhi benda tajam

Bahan kulit jika terkena benda tajam seperti pisau, cutter ataupun gunting akan cepat sekali sobek. Jika ada anak-anak yang suka bermain di area sofa, perlu diingatkan untuk tidak membawa benda tajam ke sofa.

Goresan sedikit yang sangat kecil saja akan sangat mudah terlihat pada sofa bahan kulit, apalagi jika robek sangat besar. Jika goresan ini mudah dihilangkan mungkin tidak masalah, tetapi sangat sulit mengembalikan permukaan yang sudah rusak menjadi utuh tanpa cacat. Tetapi saat ini ada pelindung khusus sofa yang mungkin bisa digunakan untuk menjaga keamanan sofa.

  • Manfaatkan lotion  kulit

Jika di rumah tidak memiliki vacum cleaner, maka coba gunakan lotion. Bisa diaplikasikan ke sofa tiga bulan sekali. Lotion yang  bersifat gel ini membuat permukaan sofa mengkilap dan tahan lama. Produk lotion bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dengan harga yang terjangkau juga. Sehingga cara ini tidak memberatkan dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Jadi, sebelum mengetahui cara merawat kulit sofa harus tahu dulu sofa yang digunakan tersebut berasal dari bahan apa. Karena sudah jelas bahwa kulit imitasi lebih rendah kualitasnya daripada kulit murni sehingga daya tahannya pun berbeda.

Jika terkena noda apa pun itu agar langsung dibersihkan, jangan dibiarkan hingga noda menjadi kering. Membersihkan noda yang baru tumpah akan lebih mudah daripada saat noda sudah kering. Jika malas membersihkan, boleh coba gunakan layanan servis sofa.

Butuh Jasa Jahit Kulit Sofa Online?

Apakah Anda sedang mencari jasa jahit kulit untuk sofa yang bagus dan terpercaya? Jika iya maka Anda bisa menghubungi Premium Sofa by Raja Gorden.

Kenapa kami?

Karena kami merupakan perusahaan berpengalaman yang bergerak di bidang pembuatan dan perawatan serta perbaikan berbagai jenis sofa. Jika Anda tertarik untuk membuat sofa maka dapat mengandalkan tenaga kerja profesional kami.

Caranya dengan menghubungi jasa jahit kulit sofa kami secara online di nomor kontak berikut atau email saja: 0813-1555-5923/ hello@rajagorden.com. Anda juga dapat datang langsung ke alamat kami yang ada di Jalan Hidup Baru No.9 Serua, Tangerang Selatan.

Give a Comment