Sofa Minimalis Custom – Sofa merupakan salah satu perabot rumah yang wajib ada di dalam rumah. Sofa banyak digunakan pada ruangan tamu sebagai tempat dimana tamu nanti akan duduk atau sekedar bercengkerama bersama keluarga. Sofa memiliki dua bahan umum sebagai pembuatnya yaitu sintetik dan kulit asli. Dimana kedua bahan ini memiliki karakter tersendiri.

Sofa Minimalis Custom

Kelebihan dan Kekurangan Sofa Minimalis Custom Kulit Asli vs Sintetik

Sofa kulit sintetik

Kulit sintetik atau yang bisa disebut pula dengan kulit imitasi nyatanya saat ini sedang menjadi tren terbaru sebagai bahan pembuatan sebuah sofa. Jika dilihat secara sekilas modelnya memang hampir tidak ada bedanya dengan sofa kulit yang asli. Namun yang menjadi cirinya adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan sofa kulit asli.

  • Awal mula dikenal

Sofa ini muncul awal mula pada tahun 2007 dimana saat itu orang-orang masih mengenal sofa dengan bahan kulit saja. Perusahaan mulai merilis adanya kulit sintetik ini dengan berbagai macam pertimbangan dan juga risiko tidak diminatinya oleh masyarakat.

Dengan harga yang bisa dibilang jauh lebih murah dan tampilan yang menyerupai kulit asli ini nyatanya mampu menarik minat masyarakat untuk membelinya. Harganya sangat cocok untuk kantong terutama bagi kaum kelas menengah yang menggunakannya.

  • Pertimbangan yang digunakan

Banyak hal yang dijadikan pertimbangan untuk buat sofa minimalis custom ini. Pertimbangan ini sekaligus bisa dijadikan pengetahuan bagi konsumen dalam memilih sofa sesuai dengan keinginannya. Sofa sintetik ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan layaknya sofa bahan kulit tersebut.

Kelebihan dari Sofa Sintetik:

  • Harganya yang lebih terjangkau sehingga tidak perlu biaya mahal untuk bisa memiliki sofa yang elegan.
  • Sebagai daya dukung pelestarian lingkungan karena sofa sintetik ini memanfaatkan sisa kulit yang biasa digunakan untuk pembuatan sofa kulit aslinya. Bahan daur ulang ini biasanya dibuang begitu saja sebelum ditemukan alternatif untuk menyulapnya menjadi sofa sintetik.

Kekurangan dari Sofa Sintetik:

  • Dari segi ketahanan memang sofa ini tidak bisa digunakan sebagai penggunaan jangka panjang karena cenderung cepat rusak apalagi jika tidak dirawat dengan baik.
  • Kulit yang tipis ini jika sedikit saja tergores sudah menyebabkan sofanya tidak estetik untuk dilihat sehingga memerlukan kehati-hatian dalam mempertahankannya.

Sofa dari kulit asli

Sofa kulit asli juga masih menjadi primadona pada jasa sofa minimalis custom. Harganya memang cenderung lebih mahal berkali lipat dari sofa kulit sintetiknya. Harga dari sofa ini sangat fantastis bisa mencapai ratusan juta rupiah tergantung kulit yang digunakan bisa impor maupun kulit lokal.

Dari segi desain secara umum sama dengan kulit sintetis hanya saja kulit asli ini mampu memancarkan keeleganan dan juga kemewahan yang tidak bisa didapatkan pada kulit sintetis. Harganya yang mahal dan tingginya minat tersebut membuat banyak oknum membuat sofa kulit imitasi dengan harga yang sama atau bahkan lebih mahal.

Untuk itu sebelum membeli sofanya jangan lupa untuk meneliti setiap bagian sofa dengan teliti dan juga tempat dimana pembeliannya yang lebih terjamin. Ada beberapa keunggulan dan kekurangan yang diberikan ketika seseorang memilih membeli sofa dari kulit asli ini.

Kelebihan sofa dari kulit asli:

  • Lebih elegan dan mewah padahal desainnya cukup simpel.
  • Keawetannya tidak perlu diragukan lagi karena bisa sampai tahunan tanpa memerlukan perawatan yang cukup ribet.
  • Tidak mudah robek dan memudar warnanya karena berasal dari kulit yang asli.

Kekurangan sofa kulit asli:

  • Banyak beredar pemalsuan terhadap sofa kulit asli ini
  • Harga yang cukup mahal

Cara Membedakan Sofa Kulit Asli Dengan Imitasi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah sofa kulit ini memang yang asli atau hanya imitasi belaka. Tentu saja harganya yang mahal memang harus membutuhkan banyak kehati-hatian dalam memilih barang yang asli.

  1. Tidak Terlalu Halus

Sofa kulit yang asli cenderung tidak memberikan kemulusan yang bagus justru masih ada beberapa bagian yang kasar dalam sofanya. Bahan yang halus biasanya ada pada sofa oscar yang berasal dari kulit olahan dan menggunakan teknologi canggih sehingga membuatnya lebih halus dibandingkan kulit murni yang asli.

Biasanya harga dari sofa oscar ini dibanderol setengah dari harga kulit aslinya. Anda perlu berhati-hati jika berjumpa dengan penawaran sofa kulit asli namun harganya setara dengan sofa oscar bisa jadi Anda ditipu oleh kualitas yang abal-abal.

  1. Tahan Bakar

Ciri selanjutnya yang bisa dilihat adalah sofa kulit cenderung tidak mudah terbakar apalagi jika hanya tersulut rokok saja. Berbeda dengan sofa oscar yang dengan goresan saja sudah menimbulkan bekas belum lagi bekas rokok yang menyisakan lubang dalam sofanya.

Tahan bakar ini juga sebagai ciri khas dari sofa kulit asli yang ampuh dalam hal penawaran keawetannya. Sehingga bisa awet sampai tahunan tanpa harus menggantinya dengan yang baru.

  1. Bau Kulit

Sesuai dengan nama bahannya, sofa dari kulit asli memang memiliki bau yang khas kulit dan tidak bisa hilang layaknya barang lain yang terbuat dari kulit asli. Jadi perlu curiga jika sofa kulit asli namun nyatanya tidak memberikan aroma kulit yang khas ini.

Hal ini tentu saja bisa dijadikan patokan ketika memilih sebuah sofa dan bisa dilihat keasliannya hanya dari baunya saja tanpa harus merusaknya terlebih dahulu. Jadi Anda memang harus benar-benar peka terhadap sentuhan maupun penciuman untuk mendapatkan sofa kulit asli dengan kualitas yang menawan.

Keuntungan Yang Diberikan Oleh Masing-masing Jenis Bahan Sofanya

Masing-masing dari bahan pembuat sofa ini nyatanya memiliki ciri masing-masing yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membelinya. Daftar harga sofa minimalis custom juga bervariasi tergantung dari jenis bahannya. Tidak ada sofa yang buruk hanya saja lebih baik membeli sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

  1. Sofa Dari Kulit Sintetik:
      • Bahannya dari vynil dan beberapa campuran bahan kimia seperti poliuretan sehingga permukaannya lebih halus dan mulus namun cenderung lebih tipis.
      • Gampang bolong dan terbakar terutama jika terkena goresan dan rokok.
      • Harganya jauh lebih terjangkau
      • Aromanya dominan ke vynil bukan lagi kulit meskipun bahannya juga campuran sisa kulit asli.
  1. Sofa Dari Kulit Asli:
      • Sesuai dengan namanya sofa ini memang terbuat dari kulit hewan yang asli
      • Tahan terhadap daya bakar bahkan tidak mudah tergores dan bolong jika tersulut rokok
      • Harganya sangat mahal dibandingkan dengan yang sintesis
      • Aromanya melekat kulit layaknya bahan aslinya. Aroma ini bertahan cukup lama dan tidak pernah pudar.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait sofa kulit dan sintetik yang ada di sofa minimalis custom. Jika Anda ingin memesan sofa minimalis dari bahan kulit, maka Anda bisa memesannya secara langsung di Premium Sofa by Raja Gorden. Dengan begitu Anda bisa lebih hemat beli sofa karena Premium Sofa by Raja Gorden menawarkan jasa jahit sofa terjangkau dan berkualitas. Hubungi di 0813-1555-5923 atau email ke hello@rajagorden.com untuk info lebih lanjut.

4 / 5. 1

Give a Comment

× WhatsApp