Pembuatan Sofa JakartaKebanyakan orang pasti tidak mengetahui bagaimana proses pembuatan sofa untuk ruang tamu. Sofa tersebut dibuat dengan berbagai macam bahan berkualitas tinggi. Bahan tersebut selanjutnya akan diolah menjadi sofa melalui beberapa proses. Berikut adalah beberapa bahan yang digunakan dalam pembuatan sofa.

Bahan atau Komponen Pembuatan Sofa Jakarta

Pembuatan Sofa Jakarta

Frame atau kerangka

Dalam pembuatan sofa, kerangka merupakan komponen yang sangat penting dalam pembuatan sofa. Rangka tersebut terbuat dari kayu ataupun besi. Anda bisa memilih untuk menggunakan kerangka besi atau kayu. Akan tetapi kerangka besi akan lebih awet dan tahan lama untuk digunakan sebagai kerangka sofa.

Pegas

Pegas juga digunakan dalam proses pembuatan sofa. Fungsinya adalah berguna untuk sandaran pada sofa dan juga penahan dudukan. Pegas yang berkualitas bagus tandanya adalah lentur dan juga bisa menahan gaya berat dari orang yang mendudukinya. Pegas ini dipasang menyatu dengan rangka besi atau kayu sofa. Pegas sendiri ada 2 jenis yang umum digunakan:

  • Per yaitu pegas yang terbuat dari logam yang disusun pada kerangka sofa
  • Webbing yaitu pegas yang terbuat dari karet yang dianyam dengan bentuk saling bersilangan. 

Dudukan

Komponen yang selanjutnya juga penting untuk digunakan dalam sofa adalah dudukan. Dudukan merupakan bagian sofa yang menentukan nyaman tidaknya sofa tersebut. Dudukan tersebut biasanya menggunakan bahan busa. Pembuatan sofa Jakarta custom menggunakan busa yang berkualitas bagus juga akan menentukan tingkat keawetan dari sofa yang Anda pesan. 

Dudukan sofa yang bagus adalah yang tidak terlalu empuk atau terlalu keras. Hal ini karena dudukan yang terlalu keras sudah pasti tidak akan nyaman untuk digunakan duduk dengan lama. Sedangkan dudukan yang terlalu empuk juga akan menyebabkan daya pantulnya yang hilang.

Sandaran

Selain menggunakan dudukan, penting juga untuk menggunakan sandaran yang nyaman untuk digunakan ketika bersandar. Sandaran untuk sofa juga bisa terbuat dari busa. Namun Anda juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti bulu angsa atau dakron.

Sandaran sofa yang terbuat dari busa akan membuat bentuk sofa yang lebih rapi. Sedangkan jika Anda menggunakan bahan dakron untuk sandaran akan cocok jika bentuknya bantal. Jika Anda menggunakan bahan bulu angsa akan membuat harganya cukup tinggi. 

Upholstery

Upholstery merupakan bagian pelapis yang digunakan untuk melapisi atau menutup sofa. Bahan ini merupakan bahan yang cukup penting karena keindahan dari sofa Anda bisa terlihat dengan pemilihan pelapis yang tepat. Bahan upholstery juga sangat bervariatif, mulai dari bahan impor hingga lokal.

Upholstery memiliki berbagai macam jenis bahan juga mulai dari bahan kain hingga kulit. Untuk bahan kulit sendiri juga ada dua jenis yaitu kulit asli hingga kulit sintetis atau yang sering disebut Oscar. Anda juga bisa memesan sofa dengan pelapis sesuai keinginan Anda pada jasa pembuatan sofa Jakarta. 

Cara Menjaga Sofa Kulit Tetap Awet

Sofa dengan bahan kulit memang memiliki harga yang lumayan tinggi. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk menjaga dan merawat sofa tersebut agar tidak rusak dan tetap tahan lama. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan:

  • Menjaga dari panas sinar matahari

Panas matahari secara alami akan membuat bahan kuliah menjadi mengerut dan kering, terlebih lagi untuk sofa kulit Anda. oleh karena itu hindari untuk meletakkan sofa kulit secara langsung di bawah sinar matahari. Hindari untuk meletakkan sofa tersebut dekat dengan panas yang tinggi seperti jendela atau perapian. 

Untuk mengetahuinya Anda bisa meletakkan tangan Anda pada permukaan sofa. Jika sofanya panas maka segera pindahkan pada tempat yang lebih teduh. Namun jika sofa Anda menjadi hangat, Anda butuh menggunakan kelembaban kulit sofa dengan leather protector atau Anda juga bisa menggunakan lotion. Untuk itu penting bagi Anda selalu mengecek kadar kelembaban dari sofa kulit tersebut. 

  • Mengelap noda pada kulit

Banyak orang yang melakukan kesalahan ketika membersihkan sofa kulit. Salah satu contohnya adalah membersihkan noda yang membandel menggunakan kain lap atau kanebo. Padahal hal tersebut justru akan membuat permukaan kulit sofa semakin kotor karena noda yang menyebar.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan noda adalah dengan menggunakan kain yang bisa menyerap kotoran atau kertas pengisap. Dengan begitu kotoran atau noda tersebut akan terserap pada kain sehingga tidak akan menyebar ke permukaan sofa kulit lainnya. Selain itu Anda juga tidak perlu membersihkan keseluruhan permukaan sofa akibat noda kotoran yang menyebar. 

  • Meletakkan benda tajam pada permukaan sofa

Meletakkan benda tajam pada permukaan sofa kulit juga tidak bagus. Hal ini bisa menyebabkan permukaan sofa yang terkena goresan benda tajam tersebut. selain itu, goresan benda tajam pada permukaan sofa kulit juga akan lebih sulit untuk hilang. Jadi akan lebih baik jika Anda menghindari untuk meletakkan benda tajam pada sofa.

Jika memang terpaksa untuk meletakkan benda tajam tersebut, lebih baik gunakan sarung tambahan pada bagian pinggir sofa. Tujuannya untuk menyimpan benda tajam yang biasa Anda gunakan seperti alat jahit atau gunting kuku. Biaya pembuatan sofa Jakarta pasti akan berbeda-beda setiap tempatnya. Perbedaan tersebut biasanya karena bahan yang digunakan. 

  • Membersihkan noda dengan detergen

Hindari untuk menggunakan detergen jika Anda ingin membersihkan sofa kulit. Hal ini karena pada detergen tersebut mengandung bahan kimia seperti silikon, lilin, minyak hingga buih sabun yang tidak aman untuk bahan kulit.

Bahkan jika Anda menggunakan detergen tersebut kualitas dari sofa kulit Anda bisa lebih menurun. Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan vacuum cleaner. Hal ini karena vacuum cleaner bisa membersihkan debu-debu yang menempel dengan cara menghisapnya. Bersihkan sofa dengan vacuum cleaner secara berkala. Tujuannya agar warna dari sofa Anda bisa tetap bersih dan juga cerah. Dengan begitu sofa Anda akan lebih tahan lama. 

Alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan kain penutup. Tujuannya agar noda yang kotor tersebut bisa Anda bersihkan dengan mudah dan tidak menempel secara langsung pada permukaan kulit sofa.

Biasanya tempat pembuatan sofa Jakarta juga bisa menyediakan tempat penutup untuk sofa Anda. kain penutup tersebut biasanya tidak terlalu tebal sehingga Anda juga akan tetap nyaman untuk menggunakan sofa tersebut. Dengan menggunakan penutup sofa rumah Anda juga lebih tahan lama bahkan akan selalu terlihat baru.

Bagi Anda yang bingung ingin buat sofa dari komponen atau bahan apa, maka bisa tanyakan pada kami terlebih dahulu. Dengan demikian Anda bisa melakukan pembuatan sofa Jakarta sesuai kebutuhan dan hasilnya memuaskan. Untuk pembuatan sofa dapat menghubungi kami di nomor berikut ini: 0813-1555-5923 atau email ke hello@rajagorden.com.

5 / 5. 1

Give a Comment

× WhatsApp