Ganti Kulit Sofa Berapa – Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengganti kulit sofa. Sofa ketika sudah digunakan dalam waktu yang lama memang membutuhkan penggantian. Biasanya yang sering terlihat adalah bagian warna dan teksturnya yang berubah. Dalam penggantiannya ternyata membutuhkan cara yang tepat agar tidak merusaknya.

Ganti Kulit Sofa Berapa

Ganti Kulit Sofa Berapa Cara Yang Bisa Dilakukan

  • Lapisan cat

Cara pertama dalam mengganti kulit sofa yang sudah rusak adalah melakukan pengecatan ulang pada bagian kerangka. Pada saat seluruh kulit sofa sudah dilepaskan Anda juga harus melakukan pengecatan ulang. Pengecatan ini berguna untuk memberikan ketajaman lebih baik dan tidak timpang dengan warna kulitnya.

Layaknya furniture lainnya, bagian kerangka sofa juga membutuhkan pewarnaan ulang apalagi jika sudah terkelupas. Pengecatan sebelum pemasangan kain pelapis berguna gara cat tidak merusak warna baru dari sofa.

  • Lapisan busa

Hal kedua yang perlu diperhatikan dalam ganti kulit sofa berapa terbaru mengenai lapisan busanya. Sofa yang sudah lama selain kulitnya yang perlu diganti ternyata busanya juga membutuhkan penggantian. Busa yang sudah lama diduduki tentu sudah tidak elastis lagi.

Busa yang empuk ini tidak bisa kembali lagi pada bentuk semula ketika diduduki. Busanya cenderung kempes dan tidak nyaman saat digunakan duduk. Jika semua kriteria ini sudah ada maka busa sofa memang membutuhkan penggantian dengan yang baru.

  • Jahitan kain pelapis

Hal ketiga yang harus diketahui adalah mengani tipe jahitan dari kain pelapis tersebut. Sebelum memutuskan untuk mengganti kulit sofa dengan yang baru jangan lupa untuk mengenal tipe jahitannya terlebih dahulu. Hal ini berkaitan dengan cara melepas dan juga cara pemasangan ulang kain pelapis nantinya.

Yang pertama adalah jahitan biasa, pada tipe jahitan seperti ini yang perlu dilakukan adalah membongkar semua kain terlebih dahulu. Barulah bisa dipasang dengan kain yang baru. Ketika tidak dibongkar terlebih dahulu maka akan membuat sofa terlalu tebal nantinya.

Yang kedua adalah tipe jahitan mati, pada tipe ini Anda tidak perlu membongkar jahitan pertama. Untuk mengganti kain lapisan yang perlu dilakukan adalah langsung menempelkannya pada kain yang lama. Prosesnya jelas lebih cepat dari pada harus mengalami proses pembongkaran.

  • Rangka furnitur

Hal berikutnya dalam ganti kulit sofa berapa tercepat adalah memperhatikan kondisi dari rangka furniturnya. Sebelum mengganti kulit dengan yang baru jangan lupa melihat kondisi dari rangkanya masih layak atau tidak. Hal ini berkaitan dengan lama tidaknya sofa saat digunakan.

Biasanya ketika proses pemakaian sudah terlalu lama bukan hanya kulit saja yang membutuhkan penggantian tapi rangkanya juga. Jika semua kondisinya masih dalam keadaan yang baik maka penggantian kain bisa dilanjutkan. Namun jika rangkanya sudah tidak memungkinkan lebih baik membeli sofa yang baru.

Kriteria Memilih Sofa Untuk Ruang Tamu

Setelah mengetahui beberapa hal dalam mengganti kulit sofa, Anda bisa mengenal tips memilih sofa untuk ruang tamu. Adapun kriteria yang perlu diperhatikan bisa dilihat sebagai berikut ini:

  • Model sofa

Hal pertama yang menjadi kriteria pemilihan sofa untuk ruang tamu adalah mengenai model sofanya. Dalam memilih model ini Anda harus menyesuaikannya dengan tema ruangan yang diinginkan. Jika ruangannya memiliki tema modern maka sofa yang digunakan juga harus mendukung.

Model sofa ini sangat menentukan nilai estetika dalam ruangan karena termasuk furniture yang besar dalam ruangan. Pastikan memilih model sofa sesuai dengan karakter Anda dan ruangan yang digunakan. Jangan lupa juga pertimbangkan mengenai budget dan ukuran ruangan tersebut.

Saat ini model dari sofa sudah sangat banyak untuk dipilih. Namun ada juga yang hanya mengedepankan modelnya yang cantik sementara kualitasnya masih diragukan. Sofa ini cenderung mudah rusak dan tidak nyaman saat digunakan. Jadi Anda memang harus hati-hati dalam memilih sofanya.

  • Dalam dan tingginya sofa

Kriteria kedua dalam memilih sofa adalah mengenai dalam dan tingginya sofa. Dalam memilih hal ini Anda bisa langsung mendudukinya secara langsung sebelum membelinya. Biasanya hal ini menyesuaikan dengan ukuran tinggi dan berat badan seseorang.

Semakin tinggi seseorang tentu membutuhkan sofa yang lebih tinggi dari lainnya. Begitupula dengan kedalaman sofa saat seseorang mendudukinya. Hal ini bisa dijadikan perkiraan saja walaupun nantinya tamu yang datang jelas berbeda-beda karakternya.

Hanya saja yang lebih sering menggunakan sofa tersebut nantinya adalah Anda. Jadi ukuran kenyamanan dan kesesuaian kebutuhannya adalah Anda sendiri agar lebih mudah nantinya.

  • Ukurannya

Kriteria membeli ganti kulit sofa berapa termurah harus memperhatikan ukurannya dalam ruangan. Sofa yang bagus namun jika akhirnya tidak muat dimasukkan ke dalam ruangan juga tidak ada gunanya. Jadi langkah yang tepat adalah ukur terlebih dahulu ruangan yang akan diberikan sofa.

Atur berapa space yang akan digunakan untuk penempatan sofa agar tidak terlalu mepet dengan pintu atau batasan lainnya. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah dalam memfilter sofa yang akan dibeli. Langsung tanyakan tempat sofa dengan ukuran yang dimaksud pada pelayan toko.

Atau untuk pembelian secara online juga bisa langsung menggunakan keyword pencarian yang lebih spesifik nantinya. Dengan begitu sofa yang dibeli sesuai dengan keinginan dan bisa digunakan dalam ruangan yang dimaksud. Hal ini jelas akan meminimalisir pengeluaran karena salah membeli sofa nantinya.

  • Material yang digunakan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam membeli sofa adalah memilih material yang bagus. Sofa bisa awet dan nyaman saat digunakan karena material yang digunakan memang berkualitas. Untuk mendapatkan tipe sofa seperti ini memang membutuhkan banyak biaya di awal.

Namun sebenarnya sama halnya dengan melakukan investasi jangka panjang. Material yang bagus dalam sofa mampu memberikan kenyamanan sofa untuk waktu yang lebih lama. Terutama pada bagian kerangka sofa yang harus lebih kuat dari lainnya. Kain pelapis bisa diganti, namun jik kerangkanya yang rusak maka tidak bisa diganti.

Memilih sofa memang memerlukan waktu yang lama dan tidak bisa langsung srek dengan satu pilihan. Anda bisa mendatangi beberapa toko untuk melakukan survey mengenai kebutuhan sofa dan kesesuaiannya dengan budget.

  • Rangka

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pemilihan material termasuk rangka memang harus diperhatikan. Saat ini sudah banyak bahan yang digunakan untuk pembuatan sofa. Bahannya bisa berupa besi, plastik sampai dengan kayu sekalipun. Anda bisa memilih kerangka yang sekiranya mampu menopang bebannya.

Biasanya rangka yang banyak dipakai bahannya adalah kayu karena lebih kokoh dan mampu menopang dengan baik. Kayu yang digunakan juga memiliki jenis yang premium sehingga tahan terhadap rayap.

Mengetahui ganti kulit sofa berapa cara Anda bisa memperhatikan hal yang dibutuhkan untuk digantinya. Lakukan pengecekan secara mendalam untuk mengetahui kondisi bagian lain dari sofa sebelum penggantian. Terutama pada bagian kerangka harus masih berguna dengan baik barulah bisa dilakukan penggantian kain.

Jika sekiranya agak merepotkan maka bisa langsung menggunakan jasa profesional dengan harga terjangkau. Untuk yang terbaik gunakan jasa Premium Sofa dengan menghubungi 0813-1555-5923 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Give a Comment

× WhatsApp