Pembuatan Sofa Custom – Saat ini bahan yang bisa digunakan untuk membuat sofa sangatlah beragam yang umum digunakan adalah bahan kulit dan kain. Kedua bahan ini memiliki keunggulan dan juga kekurangan masing-masing ketika dipilih sebagai bahan sofa.

Pembuatan Sofa Custom

Bahan Yang Ada di Pembuatan Sofa Custom

Mengenal Sofa Kulit

Sofa dari bahan kult termasuk pada jenis perabot rumah yang sangat mewah. Dimana dalam hal ini sofa memiliki harga yang sangat mahal dan biasa digunakan untuk koleksi orang-orang yang menyukainya. Anda perlu melakukan perawatan penting untuk melakukan treatment khusus sebagai berikut:

  • Tidak meletakkan sofa di bawah sinar matahari atau terik secara langsung.
  • Bersihkan secara berkala menggunakan vacum cleaner agar bisa menjangkau keseluruhan bagian lipatan kecil dari sofanya.
  • Bersihkan secara detail menggunakan kain untuk menyerap semua kotoran yang susah untuk dijangkau menggunakan vacum cleaner.

Kelebihan sofa berbahan kulit

Pembuatan sofa custom terbaik bahan kulit jika dilihat dari keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Desain Tidak Pernah Mati

Banyak bermunculan desain sofa masa kini dari berbagai macam bahan namun tidak pernah mampu menyurutkan minat masyarakat terhadap jenis sofa kulit yang memiliki desain monoton ini. Semakin lama dimiliki tidak membuatnya menjadi ketinggalan zaman melainkan semakin antik dan mahal.

  • Tahan Lama

Harganya memang mahal namun hal ini memang ditujukan untuk penggunaan sofa yang jangka panjang. Memiliki sofa kulit memungkinkan pemiliknya tidak harus mengganti sofanya karena kerusakan. Apalagi jika diimbangi dengan perawatan yang mendetail untuk memanjangkan umurnya.

  • Dapat disesuaikan atau custom dengan bebas

Anda bisa memilih atau memesan sofa kulit dalam hal jumlah ukuran dan juga model yang bisa disesuaikan dengan besaran rumah atau ruangan tempat dimana sofa ini nanti akan diletakkan.

Kekurangan sofa berbahan kulit

Dibalik kelebihannya, sofa dari bahan kulit ini juga memiliki kekurangan sebagai berikut:

  • Penempatan Tidak Boleh Sembarangan

Hal ini berkaitan dengan suhu dan terik langsung matahari yang mengenai sofanya, dimana sofa dari kulit ini sangat rentan terhadap suhu tinggi dan juga terik matahari yang langsung membuatnya cepat pudar dan rusak.

  • Sulit Dibersihkan

Penggunaan alat pembersih dalam sofa kulit ini harus benar-benar hati-hati agar tidak merusak kulitnya. Bahkan penggunaan kain yang kasar pun akan merusak permukaan sofanya.

  • Berat

Sofa kulit asli sangat berat dikarenakan bahan pembuat di dalamnya yang berupa kayu jati, dan juga bahan berkualitas bagus lainnya untuk memberikan tingkat kekuatan dan keawetan yang lebih baik di dalamnya. Hal ini mempersulit pemindahan barangnya yang membutuhkan tenaga banyak.

Mengenal Sofa dari Kain

Bahan selanjutnya yang juga tidak asing ditemukan pada jasa pembuatan sofa custom adalah bahan kain. Bahan kain ini terbuat dari serat-serat tumbuhan dan sering juga disebut dengan bahan sintesis. Bahan ini adalah terobosan terbaru untuk membuat sofa dengan harga yang lebih terjangkau.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sofa ini tetap terawat sebagai berikut:

  • Gunakan tisu basah dengan campuran cuka untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sofanya.
  • Singkirkan debu dan kotoran yang terlihat menggunakan kemoceng.
  • Lakukan pengelapan menggunakan dengan menggunakan larutan detergen secara menyeluruh untuk membersihkan secara mendalam.
  • Kemudian jangan lupa untuk mengeringkan sofanya. Pengeringan haruslah secara alami yaitu dengan cara membuka jendela dan membiarkan cahaya dan udara masuk secara sendirinya.

Kelebihan sofa berbahan kain

Adapaun sofa dari kain ini memiliki kelebihan sebagai berikut:

  • Tidak mudah untuk tergores

Meskipun terbuat dari kain jangan khawatir karena sofa dari bahan ini tidak mudah untuk tergores sehingga lebih awet untuk digunakan.

  • Sofa Kain Lebih Nyaman

Sofa dari bahan kain ini nyatanya lebih nyaman untuk digunakan maupun diduduki. Hal ini dikarenakan bahannya lebih lembut dan memberikan kehangatan ketika digunakan.

  • Banyak Variasi Motif

Kelebihan selanjutnya yang diberikan oleh sofa kain ini adalah lebih banyaknya motif dan warna yang diberikan. Sehingga calon pembeli bisa lebih leluasa dalam memilih motif maupun warna sesuai dengan keinginannya.

  • Kekurangan sofa berbahan kain

Adapun sofa dari bahan kain ini juga memiliki kekurangan disamping kelebihannya sebagai berikut:

  • Mudah Kotor

Bahan kain memang terkenal dengan sifatnya yang lebih mudah ditempeli oleh kotoran sehingga dalam hal ini pemilik sofa harus melakukan pembersihan yang lebih teliti dan teratur lagi.

  • Tidak Tahan Air

Kain memang memiliki sifat yang tidak bisa tahan air justru menyerap air dengan baik. Sehingga harus dihindarkan dari penyimpanan yang lembab maupun dengan curah air yang tinggi.

  • Tidak Bisa Awet

Bahan kain nyatanya tidak bisa memberikan keawetan yang cukup baik terutama bagi pecinta sofa dengan penggunaan jangka panjang. Sofa dari bahan kain cenderung cepat sobek maupun memudar dari warnanya.

6 Perbandingan Sofa Dari Bahan Kulit dan Sofa Bahan Kain

Biaya pembuatan sofa custom nyatanya memiliki harga yang berbeda tergantung dari bahan pembuat sofanya. Ada beberapa perbandingan yang bisa dijadikan patokan untuk memilih sofa sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya sebagai berikut:

  1. Segi Kenyamanan

Sofa dari bahan kulit memang lebih nyaman digunakan untuk suhu apa pun baik dingin maupun panas. Sementara untuk sofa dari kulit ini cenderung kurang bisa beradaptasi dengan suhu yang sedang terjadi.

Namun jika menyukai sofa kulit ini Anda bisa mengakalinya dengan lapisan kain untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik. Kain mampu menstabilkan suhu untuk bisa menghangatkan tubuh Anda.

  1. Ketahanan dan Perawatan

Dari sofa kulit memang terkenal dengan keawetannya dan bisa digunakan untuk jangka panjang sementara dari segi perawatannya sangat susah dan memerlukan kehati-hatian agar tidak merusak bahan kulitnya.

Sementara untuk sofa dari bahan kain cenderung tidak bisa digunakan untuk jangka panjang karena mudah sobek maupun memudar warnanya. Sementara dari sisi perawatan sofa kain ini memang sangat mudah hanya perlu kemoceng maupun kain dengan detergen untuk membersihkan secara mendalam.

  1. Kepudaran Warna

Dalam hal ini sofa kulit lebih juara karena tidak akan pudar meskipun sudah digunakan bertahun-tahun. Sementara untuk sofa kain cenderung lebih mudah pudar meskipun masih digunakan selama setahun.

  1. Keindahan

Sofa kain memang selalu berganti-ganti model setiap tahunnya sehingga pengguna bisa mengoleksi atau mengganti sofanya dengan sering. Sementara untuk sofa kulit modelnya itu-itu saja dan cenderung tidak banyak perubahan. Meskipun begitu sofa kulit tidak pernah sepi peminatnya.

  1. Harga

Dari segi harga sofa kain memang sangat terjangkau dibandingkan dengan sofa kulit yang memiliki harga sampai jutaan rupiah.

  1. Keamanan

Kedua sofa ini sama-sama aman asalkan sering dibersihkan dan dirawat agar tidak dijadikan sarang debu dan penyakit.

Itulah beberapa hal terkait bahan pembuat sofa di pembuatan sofa custom. Apakah Anda tertarik beli sofa bahan kulit atau kain?

Jika iya, Anda bisa pesan sekarang juga di Premium Sofa by Raja Gorden. Kami adalah perusahaan jasa jahit sofa berpengalaman dan terjangkau. Kami bisa membuatkan sofa custom sesuai desain yang Anda inginkan. Hubungi di 0813-1555-5923 atau email ke hello@rajagorden.com untuk informasi lebih lanjut.

5 / 5. 1

Give a Comment

× WhatsApp