Cara Ganti Kulit Sofa – Memilih sofa selalu butuh pertimbangan karena ruang tamu yang dimiliki setiap rumah tidak sama ukurannya. Membeli sofa yang salah malah membuat ruangan menjadi lebih sempit. Maka, penting sekali mengetahui ukuran yang tepat dan sesuai agar tidak membuat ruangan terkesan penuh.

Cara Ganti Kulit Sofa dan Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Sempit 

Sofa bukan hanya sebagai tempat duduk, namun juga sebagai komponen desain interior ruangan. Jika bentuk, model dan ukuran tidak sesuai akan menurunkan nilai estetika ruangan. Tidak enak dipandang, tidak nyaman diduduki membuat tidak betah berada di ruangan. Pastinya hal ini tidak ingin dialami, maka perlu memperhatikan tips berikut.

Cara Ganti Kulit Sofa

  • Ketahui Ukuran Ruangan

Cara mengetahui ukuran ruangan adalah dengan mengukurnya menggunakan meteran ataupun menghitung keramik lantai. Hal ini bukan saja untuk menentukan lokasi peletakan sofa namun juga untuk penataan dekorasi yang lain. Sebaiknya, ukuran sofa yang dipilih tidak lebih dari 30 persen ruangan.

Ruangan sempit tak perlu khawatir, sebab sekarang ini banyak pilihan model sofa khusus. Misalnya sofa satu seater ataupun tiga seater tetapi tidak memiliki kaki sofa. Desain kekinian mampu membuat ruang tamu lebih indah dan ceria.

  • Memilih Warna Pastel

Warna sofa yang dipilih juga berpengaruh pada kesenjangan ruangan. Jika ingin kesan hangat dan lega, maka gunakan sofa yang berwarna pastel seperti abu-abu, krem dan warna putih. Meskipun begitu, bukan tidak mungkin sulit mendapatkan warna yang dibutuhkan. Solusinya, mengecat kembali dinding ruangan dan disesuaikan dengan warna sofa yang dipilih.

  • Menggunakan Sofa Bermotif

Saat ingin ganti kulit Anda akan menemukan pilihan yang polos maupun yang bermotif. Ruang tamu yang tidak banyak hiasan cocok menggunakan sofa bermotif. Warna terang merupakan pilihan yang tepat agar menghasilkan kesan ruangan lebih hidup. Sebaiknya tidak menggunakan sofa dengan dasar warna gelap supaya tidak terasa sumpek. Salah satu cara ganti kulit sofa yang benar adalah dengan memperhatikan hal ini.

  • Memilih Sofa Bentuk U atau L

Bentuk sofa sekarang ini memang sangat bervariasi, salah satunya ada yang bentuk U dan ada juga bentuk L. Selain itu, bentuk bulat juga sering ditemukan di pasaran. Jika sudut ruang tamu kosong dapat mengisinya dengan sofa memanjang, tambahkan meja kecil di depannya. Namun, jika desain ruang tamu yang dimiliki berkonsep open space, lebih tepat menggunakan sofa berbentuk L.

Kelebihan sofa L adalah menghasilkan kesan lebih luas dan terbuka. Dapat digunakan sebagai pemisah  tanpa membatasi akses ruangan. Memilih sofa bentuk U pun pilihan yang bagus disesuaikan dengan bentuk dan ukuran ruangan.

  • Sofa yang Dilengkapi Sandaran

Sofa pada umumnya memang memiliki sandaran namun sekarang sudah hadir yang tanpa sandaran seperti sofa bulat. Ruang tamu yang luas cocok menggunakan sofa dengan sandaran punggung dan tangan. Tetapi untuk ruangan sempit, lebih cocok menggunakan sofa tanpa sandaran.

Selain bisa dijadikan sebagai sekat, sofa yang tidak memiliki sandaran tidak membuat ruangan tampak penuh. Ukurannya yang kecil memudahkan proses penataan. Jika sudah bosan dengan penataan lama, bisa dengan mudah mengubah lokasi sofa ataupun ditambahkan dengan sofa ukuran memanjang.

  • Perhatikan Material Rangka

Rangka sofa ada yang terbuat dari bahan kayu solid namun juga ada berbahan besi. Rangka kayu bisa bertahan lama jika dirawat dengan baik sebab tidak mudah berkarat. Mampu menampung beban berat baik dan cocok untuk ruangan apa saja.

Sedangkan bahan rangka besi tak memiliki banyak pilihan model dibandingkan rangka kayu. Meskipu begitu, kedua rangka ini tetap bagus saat ditata di ruangan. Lebih penting lagi untuk tidak memilih kerangka sofa dari material papan kayu partikel, density fiverboard ataupun polywood standar. Selain mudah rusak, bahan-bahan tersebut tidak mampu menahan beban berat.

  • Cobalah Sebelum Membeli

Hal ini penting sekali untuk diperhatikan karena tanpa mencoba tidak dapat memastikan apakah sofa tersebut benar-benar nyaman diduduki. Barang lain sebelum dibeli juga perlu dicoba terlebih dulu, apalagi sofa. Jangan hanya melihat katalog produk menemukan desain unik dan menarik kemudian langsung bayar untuk dibawa pulang.

Jika sofa yang dibutuhkan memiliki sandaran, cobalah bersandar dan cek tingkat kenyamanannya. Apakah ukuran tinggi sandaran sofa sesuai seperti yang dicari atau tidak. Rasakan juga apakah bantalan sofa masih baru atau sudah tidak empuk lagi. Berbagai masalah sofa dapat diatasi oleh reparasi cara ganti kulit sofa.

Mereparasi Kulit Sofa yang Rusak dengan 4 Langkah

Sofa yang rusak jangan langsung membuangnya dan membeli baru jika masih dapat diperbaiki. Jasa reparasi bersedia membantu segala kebutuhan konsumen yang ingin memperbaiki sofa, termasuk mengganti kulit sofa. Tampilan yang kusam, busa sofa sudah tak empuk lagi tentu tak nyaman diduduki juga tak sedap dipandang. Cara memperbaikinya dengan 4 langkah berikut.

  • SlipCover

Slipcover ataupun penutup sofa umumnya dimanfaatkan untuk menutupi sofa yang sudah kusam. Namun, sebagian orang juga menggunakan untuk menghindari sofa terkena debu. Tidak sulit untuk mendapatkan slipcover ini sebab  bisa ditemukan di toko sofa ataupun tempat reparasi.

Boleh membeli yang sudah jadi jika ukurannya sesuai dengan sofa yang ada di rumah. Tetapi, jika tak sesuai tinggal membuat aja dengan pilihan warna dan motif sesuai keinginan sendiri. Bahan pembuatannya pun dapat dipilih sendiri, banyak orang memilih bahan kain.

  • Recover

Recover merupakan service cara ganti kulit sofa dengan cara melapisi kembali  sofa yang rusak dengan bahan upholstery. Jadi, sofa yang sudah dilapisi bahan ini akan bertahan lama apalagi jika digunakan bahan permanen. Cara ini bahkan lebih bagus dibandingkan cara slipcover. Mengapa? Karena slipcover hanya menutupi saja sedangkan recover dilakukan dengan cara khusus untuk menghasilkan tampilan sofa lebih elegan.

Meskipun begitu, slipcover dengan recover tentu saja berbeda harganya. Hal ini jelas karena kualitas berpengaruh pada harga. Hasil recover yang elegan pastinya membutuhkan budget yang lebih tinggi dibandingkan hanya menutup sofa menggunakan kain penutup.

  • Refinish

Refinish artinya memberikan finishing ulang pada kerangka sofa, hal ini untuk mengatasi sofa yang sudah kusam agar tampak baru kembali. Sofa yang sudah lama sangat mungkin terjadi perubahan warna. Jika bagian lain seperti bantalan sofa, kulit penutup sofa masih bagus maka tinggal memanggil jasa reparasi untuk melakukan finishing pada kerangka sofa.

Tak perlu membuang sofa tersebut tetapi lebih baik menggunakan jasa perbaikan. Keuntungannya banyak di antaranya hemat waktu dan energi. Pengeluaran pun lebih sedikit dibandingkan mengeluarkan untuk beli sofa baru di toko. Teknisi berpengalaman melakukan refinish pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

  • Redesain

Cara ini sedikit mengubah tampilan dan kenyamanan sofa seperti menambah ataupun mengganti busa sofa, menambah ukiran pada rangka sofa. Menghasilkan kesan berbeda daripada sebelumnya, apa pun bagian sofa dapat diperbaiki kembali.

Nah, itulah 4 cara memperbaiki sofa jika mengalami kerusakan. Cara mudah dan praktis adalah menggunakan jasa reparasi yang mengetahui cara ganti kulit sofa. Umumnya teknisi berpengalaman dan terpercaya memahami dengan baik tentang hal ini. Untuk yang terbaik gunakan jasa Premium Sofa dengan menghubungi 0813-1555-5923 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Give a Comment