Mengganti Kulit Sofa – Untuk cara membersihkannya sendiri sofa kulit terbilang cukup mudah daripada dengan jenis sofa lainnya. Namun sofa jenis kulit sendiri juga terkadang memiliki kekurangan yaitu rentan mengerut, warna yang memudar, terkelupas mudah tergores.

Meskipun begitu tak usah khawatir, di setiap masalah tentunya ada solusinya termasuk permasalahan kulit sofa. Agar sofa yang memiliki goresan dan terkelupas dapat terlihat baru, berikut solusinya.

Mengganti Kulit Sofa

Langkah Untuk Mengganti Kulit Sofa yang Tergores

  • Persiapkan Bahan dan Alat

Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin mengganti lapisan sofa yang tergores ialah menyiapkan bahan. Siapkan cat untuk kulit dan sesuaikan dengan warna sofa, setelah itu siapkan kertas polos atau tisu kertas sebagai tatakan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan setrika atau hair dryer untuk mengeringkannya.

  • Cari Letak Goresan

Saat ingin mengganti atau memperbaiki kulit sofa tentunya harus mencari tahu letak goresan dan seberapa lebar kulit sofa yang terkelupas. Dengan mengetahui letak tersebut pastinya akan memudahkan Anda untuk menggantinya. Berikan tanda dengan memberi selotip atau coretan kecil agar tidak lupa letak kerusakannya.

  • Hilangkan Debu dan Noda

Agar debu dan noda tidak menempel ke bagian yang akan diganti, pastikan terlebih dahulu untuk membersihkannya. Tips mengganti kulit sofa ini akan terasa lebih mudah bila Anda membasmi jamur, debu dan kutu yang ada di sofa. Cukup gunakan tisu basah dengan cairan pembersih untuk menghapus noda.

Kemudian semprotkan pembersih jamur ke permukaan sofa, Anda bisa membuatnya dengan mencampur cuka dan air. Kemudian jangan lupa untuk membersihkan debu dan mengeringkannya. Hal ini dilakukan, selain agar sofa tidak kotor, pemberian warna juga dapat maksimal.

  • Eksekusi

Untuk mengganti kulit sofa caranya cukup susah-susah gampang.

  • Pertama, Anda harus mengatur suhu setrika agar panas yang diberikan cukup. Kemudian oleskan cat tersebut ke bagian yang tergores atau terkelupas dengan menggunakan stik kayu atau spatula.
  • Setelah itu ratakan agar warna dapat menyatu. Lalu letakkan kertas polos atau tisu kertas dengan ukuran yang lebih besar daripada goresan. Kemudian letakkan setrika ke atas kertas tersebut.
  • Tekan secara perlahan supaya cat yang diberikan dapat menyerap. Setelah selesai angkat setrika dan lihat hasilnya. Ulangi cara tersebut ke letak goresan yang lain.
  • Panggil Ahlinya

Bila solusi tersebut terlalu sulit atau Anda tidak ingin ribet menggunakan cara tersebut. Hal yang harus dilakukan ialah memanggil ahlinya. Dengan memanggil jasa tersebut, tentunya tak usah bersusah payah untuk mengganti kulit sofa. Lebih lagi, dengan menggunakan jasa pastinya lapisan yang dihasilkan akan lebih memuaskan dan sofa akan terlihat lebih baru.

Itu dia solusi mengganti kulit sofa terlengkap. Sofa memang merupakan material utama yang harus diperhatikan kenyamanannya. Dengan sofa yang nyaman tentunya aktivitas mengobrol juga lebih seru. Selain itu tampilan sofa yang bagus juga dapat membuat ruangan terlihat semakin menarik.

6 Tanda Sofa Harus Diganti Dengan Yang Baru

Namun bila memang kerusakan sofa sudah tidak dapat tertolong lagi, cobalah untuk memanggil ahlinya. Bisa juga dengan membeli yang baru agar suasana ruangan juga tidak terasa membosankan. Apalagi bila sofa di rumah memiliki tanda-tanda seperti di bawah ini.

  • Sudah Kendur

Dengan menggunakan sofa yang memiliki bantalan kendur tentunya tidak akan nyaman untuk digunakan. Dengan menduduki sofa yang kendur juga akan memberikan efek yang buruk pada kesehatan Anda. Dengan bantalan yang kendur posisi duduk yang tidak nyaman akan memengaruhi kesehatan punggung.

Selain itu, ketika Anda bangun dari tempat duduk, sofa akan meninggalkan bekas dudukan. Dengan tampilan yang seperti itu tentunya akan membuat ruang tamu jadi terlihat tidak menarik lagi. Untuk itu bila kursi terlalu lama dan sudah kendur, ada baiknya untuk mengganti yang baru.

  • Warna Memudar dan Mengelupas

Sofa yang terlalu lama akan memiliki warna yang memudar dan banyak goresan atau kupasan. Dengan adanya dua hal tersebut tentunya sofa akan terlihat sangat kurang menarik.

Maka dari itu bila Anda memiliki sofa yang sudah lama dengan warna yang memudar dan banyak goresan.  Inilah waktu yang tepat untuk mengganti sofa dengan mudah dan baru. Namun bila sofa masih memiliki fungsi yang baik dan tidak kendur, sebaiknya gunakan jasa untuk mereparasi.

  • Ukuran yang Tidak Sesuai

Saat pindahan atau memiliki rumah baru biasanya akan membawa sofa lama yang masih bisa digunakan untuk menghemat biaya interior. Namun terkadang, sofa yang dibawa ternyata memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan ukuran ruang yang ada.

Dengan begitu sofa tersebut tidak akan bisa digunakan. Bila mengalami hal yang seperti ini, Anda bisa menjualnya di barang preloved atau e-commerce. Dengan begitu sofa tersebut bisa diganti dengan sofa baru dengan ukuran yang sudah disesuaikan terlebih dahulu.

  • Tampilan yang Tidak Sesuai

Selain ukuran, tampilan juga bisa menandakan bahwa Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Semakin lama, jaman akan semakin modern dan perkembangan desain juga semakin banyak.

Tentunya dengan tampilan yang semakin modern, Anda tidak ingin bukan ketinggalan dan tetap pada desain lama. Maka dari itu cobalah untuk mengganti sofa lama dengan yang baru. Namun sebelum membelinya sesuaikan juga dengan desain ruangannya agar semakin menarik.

  • Adanya Suara Berderit

Jika sofa yang diduduki saat ini memiliki suara deritan ketika duduk atau bangun, itu berarti Anda harus membeli yang baru.  Suara berderit biasanya menandakan bahwa struktur sofa sudah rusak. Tidak ingin bukan ketika duduk untuk makan atau mengobrol lalu sambungan atau penahan sofa rusak dan Anda jatuh.

Hal yang satu ini biasanya terjadi pada sofa yang memiliki kayu sebagai bahan penahannya. Bila sudah mengalami hal ini, inilah tandanya untuk mengganti sofa yang lama dengan yang baru.

  • Terlalu Usang

Sofa lama biasanya memiliki banyak debu dan noda. Apalagi bila kotoran tersebut tidak langsung dibersihkan dan dibiarkan saja sebelumnya. Dengan begitu noda akan semakin menempel dan sulit untuk dibersihkan. Untuk debunya sendiri, sebenarnya Anda bisa menggunakan vacuum cleaner tapi untuk noda yang menempel akan sangat susah.

Dengan adanya noda yang membandel tersebut, tentunya bau yang tidak sedap akan menyeruak. Selain itu bila terlalu lama digunakan, hal tersebut akan memberikan kesehatan yang buruk bagi kulit. Anda bisa terkena gatal-gatal dan ruam merah pada kulit. Maka dari itu bila sofa lama sudah sangat usang, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru.

Bila Anda ingin menganti kulit sofa dengan mudah, cobalah untuk mengikuti solusi lengkap yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jangan lupa juga untuk menyimak ulasan mengenai tanda ganti sofa, bila menemukan salah satu tanda tersebut, sudah saatnya untuk Anda mengganti sofa lama dengan yang baru. Untuk yang terbaik gunakan jasa Premium Sofa dengan menghubungi 0813-1555-5923 atau melalui email hello@rajagorden.com sekarang juga.

Give a Comment

× WhatsApp