Jasa Membersihkan Sofa Kulit – Semua perabotan di rumah perlu dibersihkan dan dirawat secara rutin, begitu juga sofa. Bahan apa pun itu tetap saja harus dirawat dengan cara yang tepat dan berbeda cara maka berbeda pula langkahnya. Semua pemilik sofa pasti ingin sofa yang sudah dibeli mahal-mahal bertahan lama. Maka, perlu dirawat dengan baik mengikuti langkah berikut ini.

Jasa Membersihkan Sofa Kulit

Langkah Efektif Membersihkan Sofa Kulit Dengan Mudah

  1. Menghilangkan kotoran di sofa

Kotoran apa pun yang terjatuh di sofa harus segera dibersihkan agar tidak menempel dan mengering. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kotoran, salah satunya menggunakan vacum cleaner untuk kotoran yang berukuran besar. Terutama di area lipatan sofa ataupun di bagian kerutan sofa, harus diperhatikan dengan baik.

Boleh menambahkan sikat yang ditancapkan di ujung alat pengisap debu tersebut. Setelah sikat dipasang, bawalah vacum cleaner berjalan di atas kulit sofa. Jangan khawatir sebab sikat dengan bulu lembut  tetap menjaga permukaan kulit sofa dari goresan. Lebih aman lagi jika menggunakan jasa membersihkan sofa kulit terbaik.

Cara lain juga boleh menggunakan microfiber ataupun pembersih debu dari bulu saat ada banyak debu yang menempel di sofa. Langkah ini sebaiknya dilakukan secara rutin. Namun, sebelum itu pastikan semua kotoran yang bukan debu tidak ada lagi di permukaan kulit sofa. Karena ada kotoran tertentu yang bisa merusak kulit sofa, sehingga harus dihilangkan terlebih dulu.

  1. Bersihkan secara rutin

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sofa sebaiknya dibersihkan secara rutin agar selalu bersih dan awet. Jika tidak menemukan cairan khusus pembersih sofa, maka boleh saja membuat larutan sendiri.

Gunakan air cuka masukkan ke dalam mangkuk ataupun ember kecil. Tambahkan air dengan perbandingan yang sama, akan lebih baik jika menggunakan air suling dengan suhu kamar. Karena ada air keran yang mengandung bahan kimia dan tidak bagus untuk kulit sofa. Boleh saja menggunakan pembersih komersial tetapi bacalah cara menggunakannya dengan benar.

Ambil kain yang bersih kemudian celupkan ke dalam larutan yang sudah dibuat. Peras kain agar semua air hilang dan tinggallah kain yang lembap. Jadi, jangan gunakan kain yang masih basah kuyup tetapi yang lembap supaya tidak larutan yang menyentuh kulit sofa tidak berlebihan. Jika takut terjadi kesalahan saat mengaplikasikan larutan, maka solusinya gunakan saja jasa membersihkan sofa kulit murah.

Gosok kain lap dengan lembut mulai dari bagian atas ke bagian bawah. Setelah menggosok dengan pelan, bilas kain lap tersebut dan peras air yang masih terserap di kain. Lanjutkan mengeringkan sofa dengan menyeka bagian kecil kulit sofa. Tentu saja gunakan kain yang bersih agar tidak lagi meninggalkan kotoran.

  1. Menghilangkan noda minyak, tinta dan cairan

Noda minyak  diperoleh dari penggunaan minyak rambut, makanan ataupun produk kecantikan. Noda ini bisa menempel dengan mudah bahkan tanpa disadari pemilik secara langsung. Saat mengetahuinya sebaiknya langsung dibersihkan menggunakan larutan pembersih. Gunakan kain lap untuk mengeringkannya. Jika masih ada noda yang sulit dibersihkan, coba ambil baking soda dan taburkan di atas noda tersebut. Biarkan saja tepung menempel beberapa lama dan baru dibersihkan.

Jika sofa terkena tinta, maka coba ambil kapas yang suda dicelupkan ke dalam alkohol dan usaplah noda tersebut. Lakukan secara hati-hati dan usahakan agar kulit sofa tidak basah kuyup. Jika tinta sudah hilang, silakan bersihkan kulit sofa menggunakan kain lap basah. Selanjutnya keringkan area tersebut juga menggunakan kain lap yang bersih.

Jika sofa terkena cairan teh, kopi ataupun anggur merah, maka harus segera dibersihkan sebelum cairan tersebut mengering. Setelah noda cairan dihilangkan, gunakan larutan pembersih untuk membersihkan kulit sofa. Juga keringkan secara menyeluruh menggunakan kain lap yang bersih tentunya. Tentu berbeda biaya jasa membersihkan sofa kulit yang masih basah dengan yang kering, sebab yang kering sudah sulit dibersihkan.

  1. Mengoleskan kondisioner pada sofa

Boleh saja mengoleskan kondisioner pada sofa dalam rangka menjaga kebersihan sofa. Larutannya dibuat sendiri dengan mencampurkan 10 sampai 15 tetes minyak lemon ke dalam mangkuk dan tambahkan 2 cangkir cuka putih. Aduklah dengan pelan hingga cuka dan minyak menyatu.

Jika malas membuat larutan sendiri, boleh saja menggunakan larutan kondisioner komersial. Tentunya aplikasikan sesuai petunjuk yang tercantum di kemasan. Usahakan tidak menggunakan minyak zaitun karena tidak bagus untuk daya tahan kulit sofa.

Setelah membuat larutan, kini saatnya mengoleskan ke permukaan sofa. Gunakan kain yang bersih dan celupkan ke dalam larutan kondisioner, kemudian gosoklah ke kulit sofa secara melingkar. Biarkan saja larutan ini menempel di permukaan sofa hingga kering selama satu malam. Meskipun begitu, begitu jangan aplikasikan kondisioner sampai kulit sofa basah kuyup karena juga tidak bagus untuk permukaan sofa.

Bersihkan kondisioner yang sudah mengering ini menggunakan kain lap dengan menggosoknya secara lembut. Sebaiknya dengan cara melingkar, mulai dari bagian atas hingga ke bagian bawah  dan lihatlah sofa sudah tampak berkilau. Pengaplikasian kondisioner boleh dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan sekali. Jika tidak sempat mengurus sofa, silakan manfaatkan jasa membersihkan sofa kulit online.

Tips dan Peringatan

Sebelum menerapkan langkah di atas, alangkah baiknya jika membaca tips dan peringatan berikut ini:

  1. Larutan apa pun yang ingin digunakan baik itu buatan sendiri ataupun komersial, sebaiknya uji terlebih dulu di bagian belakang sofa. Jadi, jangan langsung mengoleskan ke bagian depan sofa dan langsung buang jika merusak kulit sofa.
  2. Lap microfiber digunakan yang lembut agar permukaan sofa kulit tidak tergores.
  3. Produk pembersih apa pun yang akan digunakan, bacalah terlebih dulu tulisan yang tercantum di kemasan. Karena pasti ada informasi mengenai kandungan dan cara kerja.

Perlu diketahui bahwa tidak semua bahan sabun bagus untuk permukaan sofa kulit, bahkan sebagian besar memiliki potensi merusak. Oleh karena itu, sebelum mengaplikasikan larutan pembersih ataupun kondisioner tadi silakan bacalah cara penggunaan pada kemasan ataupun coba uji di bagian belakang sofa seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Jasa Membersihkan Sofa Kulit Agar Awet

Kalau Anda ingin sofa lebih awet maka harus dirawat dan dibersihkan secara rutin. Namun kalau tidak ada waktu atau bingung cara membersihkannya maka bisa memanggil jasa bersih sofa panggilan.

Salah satunya yang bisa dipanggil adalah layanan Premium Sofa dari Raja Gorden. Kami adalah perusahaan sofa online yang menawarkan tidak hanya jasa perbaikan, tapi jasa perawatan termasuk membersihkan sofa.

Kalau Anda berdomisili di Jadetabek dan sekitarnya dan butuh jasa membersihkan sofa kulit agar tetap awet, maka dapat menghubungi kami Premium Sofa. Melalui nomor kontak berikut ini: 0813-1555-5923 atau bisa juga datang langsung ke alamat kami yang ada di Jalan Hidup Baru No.9 Serua Kota Tangerang Selatan.

[Total: 1   Average: 5/5]

Give a Comment

× WhatsApp