Pembuatan Sofa di Jakarta – Salah satu jenis sofa custom yang paling terkenal dan tidak pernah sepi pemesan adalah sofa kayu. Sofa ini memakai bahan utama kayu untuk keseluruhan bodinya. Hanya saja bagian-bagian untuk bersandar maupun untuk duduknya diberikan bantalan agar tetap nyaman untuk digunakan.

Pembuatan Sofa di Jakarta

Mengenal Proses Pembuatan Sofa di Jakarta

  1. Proses Awal

Pada umumnya untuk membuat sofa kayu ini pengrajin membutuhkan beberapa material seperti ban, bahan pelapis, kayu dan busa. Bahan kayu yang digunakan tidak sembarangan karena harus memenuhi standar keawetan dan juga kekuatan untuk menopang badan manusia.

Langkah awal yang dilakukan adalah membuat kerangka dari sofa ini. Rangka tersebut disesuaikan dengan besarnya sofa yang akan dibuat dan juga seberapa banyak sofa sejenis sesuai dengan pesanannya. Dalam pembuatan kerangka ini kayu yang biasa digunakan adalah kayu mahoni dan jati.

Ada pula bahan sejenis yang bisa digunakan untuk mengganti kayu solid maupun mahoni meskipun kualitas dan keawetannya masih diragukan seperti tripleks, kayu dengan bantalan tipis lainnya. Tentu saja bahan ini juga akan mempengaruhi dari segi harga jualnya.

  1. Pemberian Busa

Pernah melihat sofa kayu dengan bahan kayu sepenuhnya? Sofa kayu memang memiliki banyak model yang terkenal adalah kayu seutuhnya dan juga kayu secara keseluruhan. Untuk pengguna yang menyukai bantalan yang lebih empuk maka disarankan untuk menggunakan sofa kayu  dengan busa.

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan ketika membuat sofa dengan busa adalah memasang busa pada bagian-bagian yang dibutuhkan. Bagian-bagian ini biasanya berada di sandaran punggung dan bantalan untuk duduk. Busa yang dipilih tentunya memiliki kualitas yang juara untuk mengedepankan segi kenyamanannya.

Jika sofa kayu yang dipilih adalah kayu secara keseluruhan maka proses penambahan busa ini bisa diskip dan dilanjutkan ke proses pembuatan sofa di Jakarta berikutnya.

  1. Pemberian Lapisan untuk Sofa

Dalam lapisan sofa itu sendiri memiliki banyak pilihan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Bahannya bisa berupa kain nilon, kulit, linen maupun kain sejenisnya. Sementara untuk cara memasangnya semua bahan ini memiliki kesamaan.

Langkah pertama yang diperlukan adalah mengukur bahan pelapis dan disesuaikan dengan ukuran sofa yang memerlukan pelapisan. Setelah itu dipotong dan dirapikan sesuai dengan ukurannya masing-masing. Dalam hal ini pengrajin melakukannya dengan hati-hati agar tidak ada ukuran yang salah di dalamnya.

Langkah selanjutnya adalah proses perekatannya. Dalam proses ini bisa dibilang langkah yang sangat susah dan memerlukan kehati-hatian yang tinggi. Banyak hal yang perlu diperhatikan seperti kelurusan kain, kesesuaian bentukan motif dengan sambungannya dan juga kerataan kain sebelum direkatkan.

Belum lagi jika ternyata kain yang digunakan kurang panjang sehingga memerlukan sambungan. Dalam memasang sambungan ini memerlukan kehati-hatian dan ketepatan dalam perekatan motifnya. Penggunaan lem juga tidak boleh sembarangan agar tidak berlepotan dan merusak keindahan kainnya.

  1. Pengecekan

Setelah semua proses dilakukan dengan benar dan urut. Langkah selanjutnya yang dilakukan adalah pengecekan. Pengecekan ini bisa berupa pengetesan sofa ketika digunakan untuk duduk dan juga pengecekan secara keseluruhan barangkali ada lem yang belum merekat dengan sempurna atau kain pelapis yang robek.

Pengecekan ini dilakukan untuk memberikan hasil terbaik bagi pembelinya sehingga ketika ditemukan kesalahan yang kecil maupun yang besar bisa segera dibenahi sebelum sofa tersebut dikirimkan ke alamat pemesannya. Hal ini juga sebagai pertanda bahwa sofa yang dibeli benar-benar sudah aman untuk digunakan.

Ada beberapa alasan yang menjadikan sofa kayu ini mendapatkan tempat tersendiri dalam diri peminatnya. Alasan-alasan inilah yang menjadikannya sofa primadona dengan harga yang lumayan bervariasi dalam jasa pembuatan sofa di Jakarta ini.

Alasan Memilih Sofa Kayu Untuk Interior Ruangan

  • Sesuai dengan iklim Indonesia

Indonesia terkenal dengan iklimnya yang tropis dimana memungkinkan udara yang lebih lembap dan juga terik panas yang lebih tinggi. Hal ini tentu saja menyebabkan tidak sembarang bahan bisa digunakan untuk perabot dengan keawetan dan juga kenyamanan yang baik.

Kayu sendiri merupakan bahan yang cocok digunakan dalam iklim tropis ini. Hal ini berkaitan pula dengan cepat kotornya sebuah sofa sehingga memerlukan pembersihan yang detail untuk mengembalikan keindahannya. Intensitas pembersihan yang sering ini membuat bahan selain kayu seperti kain tidak direkomendasikan untuk dicoba.

Bahan kain memiliki sifat cenderung mudah robek dan menipis terutama dalam segi pemudaran warnanya. Apalagi jika mendapatkan perlakukan pembersihan secara lebih sering. Sementara untuk bahan kayu tidak membutuhkan proses pencucian yang detail atau menggunakan sabun.

Bahan kayu cukup dibersihkan menggunakan kemoceng atau kain dengan sedikit air jika debunya sudah menebal. Sementara untuk bagian dalam sofa atau busa-busanya bisa disedot menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan secara mendalam semua kotoran yang ada di dalamnya.

  • Konsep yang natural

Meskipun biaya pembuatan sofa di Jakarta untuk sofa kayu ini termasuk dalam kategori yang mahal nyatanya masih banyak orang yang menyukainya. Sofa yang menonjolkan sisi keindahan dari kayu sebagai bahan utamanya ini tentu saja mampu memberikan sentuhan yang menarik dengan konsep naturalnya.

Sofa kayu sendiri tidak terlalu banyak memakai penghias sehingga lebih simpel dan mudah dipasang pada jenis ruangan seperti apa pun. Sofa kayu ini cocok dipadukan dengan bangunan dengan konsep kontemporer maupun dengan klasik minimalis asalkan disesuaikan warna dan motif yang digunakan dalam sofanya.

  • Lebih unik dan antik

Alasan selanjutnya seseorang lebih memilih sofa kayu untuk rumah mereka adalah tampilan dari sofa itu sendiri yang lebih unik dan antik dibandingkan sofa biasa. Keunikan dan keantikan ini terletak pada bahan utama yang digunakan belum lagi jika memakai kayu dengan kualitas yang juara tentu saja semakin mendukung.

Harga dari sofa ini juga tidak main-main bahkan sofa kayu dengan umur yang sudah tua justru jika dijual kembali akan memberikan harga yang fantastis. Hal ini dikarenakan sofa kayu yang sudah tua ini termasuk ke dalam barang antik yang banyak disukai oleh peminatnya.

Sofa kayu ini mudah untuk diperbaiki jika terjadi kerusakan di dalam sofanya. Kerusakan yang terjadi biasanya dalam hal memudarnya warna pelitur maupun cat pada kayunya. Kerusakan lain bisa terjadi akibat busa yang sudah menipis, robek dan lain sebagainya. Sehingga biaya perawatan kerusakan ini tidak terlalu banyak.

Setelah diganti dan dicat kembali sofa kayu akan terlihat seperti baru lagi dan tentu saja bisa langsung digunakan. Itulah beberapa hal terkait pembuatan sofa di Jakarta yang perlu diketahui. Jika Anda ingin pesan sofa custom di Jakarta dengan desain sendiri maka Anda bisa menggunakan layanan jasa jahit sofa custom di Premium Sofa by Raja Gorden.

Premium Sofa by Raja Gorden menawarkan pembuatan sofa custom dengan berbagai macam bahan terbaik yang dapat Anda pesan sesuai kebutuhan. Jika Anda bingung tentang desainnya, silakan konsultasikan kepada kami di 0813-1555-5923 dan email ke hello@rajagorden.com.

5 / 5. 1

Give a Comment

× WhatsApp